Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas

Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas
Prilly Latuconsina | Foto: Firsto via ugm.ac.id

Forum.mediaipnu.or.id - Aktris Prilly Latuconsina kembali jadi dosen praktisi di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada kelas Kajian Selebritas, Kamis (10/11/2022) kemarin. 

Dalam pertemuan kedua ini, bintang My Lecturer My Husband ini menjelaskan materi terkait pola relasi media dengan selebritas.

Ia bagikan pengalamannya dalam berhubungan dengan media dan bagaimana ketika nantinya bekerja dengan selebritas, khususnya ketika mengelola krisis.

Menurut Prilly, media dan selebritas punya hubungan yang sangat erat dan saling memanfaatkan satu sama lain.

Selebritas menyediakan konten bagi media, dan media memberikan publisitas untuk selebritas.

“Media jadi wadah dan tempat bagi selebritas untuk tumbuh, merintis karier meraih popularitas. Sementara media Butuh selebritas dengan popularitas tinggi untuk meningkatkan engagement dengan audiensnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, di era media baru memberikan peluang bagi siapa saja untuk jadi selebritas.

Lalu, infotainment punya nilai berita dan paparan tinggi yang dinilai mampu memuat fakta dan edukasi untuk audiens secara luas karena tayang di TV nasional.

Lebih lanjut ia juga memaparkan bagaimana cara kerja mengelola krisis selebritas.

Pengelolaan krisis ini penting karena seseorang dengan status selebritas sangat rawan dengan krisis. Oleh sebab itu, selebritas harus bisa memitigasi risiko yang disebabkan krisis.

“Kalau saat krisis yang harus jaga emosi dan kontrol diri. Ini butuh tim publicis yang menenangkan dimana saat krisis tim ini yang kerja, tapi kalau di Indonesia dilakukan sendiri beda dengan di luar negeri ada tim yang gerak,” paparnya.

Saat krisis selebritas, mengumpulkan fakta-fakta baik terkait selebritas yang tengah mengalami krisis sangat penting dilakukan.

Berikutnya, tetap berhubungan baik dengan media agar dapat dengan mudah membuat berita baik dengan konten maupun konferensi pers.

Nggak kalah penting, jadi apa adanya agar audiens punya relativitas dan dapat bersimpati dengan kondisi sebenarnya.

“Kerja di industri entertainment harus bergandengan tangan dengan media. Kalau selebritas punya hubungan baik dengan media maka akan sungkan untuk memberitakan hal-hal buruk,” tuturnya.

Prilly menjelaskan, ada beberapa interaksi yang bisa dilakukan dengan media disaat terjadi krisis.

Seperti interview secara spontan, konferensi pers untuk hal yang harus diklarifikasi, konferensi pers secara reguler dan interaktif, dan selalu siap 24 jam memberikan berita baik sampai situasi kembali normal.

Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas
Prilly Latuconsina saat menjadi dosen tamu di UGM, Kamis (29/9/2022). Foto: dok Humas UGM

Selain itu, juga memilih juru bicara yang ahli dan berada di high level management saat harus memberikan penyataan atau klarifikasi.

Ia mencontohkan, beberapa selebriti yang dinilai punya hubungan baik dengan media. Memiliki reputasi baik dan profesional seperti Nagita Slavina, Maudy Ayunda, dan Cinta Laura.

Nagita Slavina dinilai sangat kooperatif dengan wartawan maupun media.

Istri Raffi Ahmad ini nggak jarang mengundang wartawan ke rumah dan selalu membagikan cerita kepada wartawan terkait bisnisnya.

“Kak Nagita sering ngundang media datang ke rumah untuk makan bareng, ya emang sebaik itu dia. Pemberitaanya selalu positif karena punya hubungan baik dengan media,” ujarnya.

Sementara itu, menurutnya, Maudy Ayunda adalah artis yang sangat peduli dengan kegiatan akademisnya dikenal ramah dengan wartawan dan media.

Cerita dan berita tentangnya dianggap bisa memberikan dampak positif dan menginsipirasi banyak orang terutama kaum perempuan.

Lalu, Cinta Laura merupakan sosok multitalenta yang sangat terbuka kepada wartwan dan media.

Ia seringkali membagikan cerita tentang karya terbarunya yang diproduksi di dalam maupun luar negeri serta aktifitas sosialnya khsusunya dibidang pendidikan dan perempuan.

Sebagai informasi, setelah pertemuan pertamanya mengisi kelas Kajian Selebritas di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM pada September 2022 lalu lewat program Parktisi Mengajar bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kini Prilly datang lagi untuk mengajar di mata kuliah yang sama.

Prilly jadi dosen praktisi lewat program Praktisi Mengajar bagian dari program MBKM Kemendikbudrsitek. Ia dijadwalkan mengajar di UGM sebanyak dua kali pertemuan.(*)

Baca juga: Forum Media IPNU

Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas. Ini Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas. Info Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas. Jika Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas. Maka Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM Pada Kajian Selebritas. Lalu, Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM. Tapi Prilly Latuconsina Kembali Jadi Dosen UGM. Ini Prilly Latuconsina. Tentang Prilly Latuconsina. Jika Prilly Latuconsina. Maka Prilly Latuconsina. Jadi, Prilly Latuconsina. Andai Prilly Latuconsina. Prilly Latuconsina.

Lebih baru Lebih lama