PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online ke Jalur Prestasi

PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online ke Jalur Prestasi
Pengurus Besar E-sport Indonesia Kabupaten Purworejo menggelar Kejurkab E-Sport di Ganecha Convention Hall pada Sabtu-Minggu 5-6 Oktober 2022

MEDIA IPNU - PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online ke Jalur Prestasi. Perkembangan cabang olahraga E-sport di Kabupaten Purworejo terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk itu Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PBESI) Kabupaten Purworejo memfasilitasi ratusan pelajar dan mahasiswa tersebut ke jalur prestasi.

Fasilitasi tersebut berupa gelaran Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) E-sport yang digelar oleh Pengurus Besar E-sport Indonesia (PBESI) Kabupaten Purworejo di Ganecha Convention Hall pada Sabtu-Minggu (5-6 Nopember 2022).

Ratusan atlet dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat unum sangat antusias mengikuti perlombaan. 300 atlet berkumpul bersaing mendapatkan 2 tiket kejuaraan tingkat provinsi pada 27 November 2022 yang akan dilaksanakan di Solo Jateng.

Ketua harian PB ESI Purworejo sekaligus ketua penyelenggara kegiatan tersebut Gitalin Krista Nugroho mengatakan, Kejurkab kali ini dilakukan dalam rangka menjaring atlet terbaik yang akan didelegasikan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Selain itu, kita berkomitmen untuk mengembangkan Cabor ini sebagai upaya untuk mengarahkan para atlet ke jalur prestasi,” kata Gita pada Minggu (6/11/2022) malam.

Menurut gita, e-sport di Kabupaten Purworejo peminatnya sangat tinggi. Hal itu terlihat sebanyak 36 tim free fire dan 28 tim mobile legend mengikuti kejuaraan ini.

“Kurang lebih 300 atlet bertanding dan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp 9 juta,” katanya.

Kali ini Kejurkab E-Sport Purworejo hanya mempertandingkan 2 cabang game online yakni cabang free fire dan mobile legend.

“Kejuaraan kali ini merupakan yang ke empat kalinya dilaksanakan. Sebelumnya ada bupati cup, DPRD cup, kemenpora cup dan sekarang Kejurkab,” ungkapnya.

Ketua Koni Kabupaten Purworejo Sumaryanto mengatan, sebagai cabor baru, e-sport punya gebrakan yang cukup baik. E-sport merupakan bidang olahraga yang menjembatani para atlet untuk mengembangkan game online sebagai sesuatu yang kompetitif.

Bukan hanya sekedar bermain game tetapi e-sport adalah bidang keolahragaan yang mempunyai organisasi untuk mengembangkan bakat seperti atlet olahraga pada umumnya.

“Di Purworejo E-Sport saat ini sudah masuk KONI. Hasil dari kejuaraan ini akan dipersiapkan untuk menghadapi Kejurprov. Harapannya para juara nantinya mampu bersaing dan berprestasi saat daerah lain,”ujarnya.

Sementara itu Kadinporapar Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho mengatakan, seakan tak terkena dampak dari pandemi, E-Sport di Purworejo semakin berkembang. Game menjadi solusi saat bosan bekerja di rumah menjadikan salah satu faktor berkembangnya industri game di Kabupaten Purworejo.

“Selama masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata mengalami dampak yang signifikan. Namun, untuk sektor ekonomi kreatif khususnya untuk industri game malah mengalami peningkatan,” katanya.

Diketahui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga menyebut industri game sangat potensial untuk dikembangkan. Di Indonesia industri game berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp24,88 triliun dari total PDB.

“Industri game menjadi modal bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19. Industri ini termasuk dalam 17 subsektor ekonomi kreatif (Ekraf) di Indonesia,” kata Sandiaga Uno belum lama ini.(P24-bayu).

Sumber: purworejo24.com

Baca juga: 

PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online ke Jalur Prestasi. Ini PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online ke Jalur Prestasi. Info PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar yang Suka Game Online. Jika PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar. Maka PBESI Purworejo Fasilitasi Pelajar.

Lebih baru Lebih lama